Paham Metode Diet DASH Untuk Kontrol Makan dan Tekanan Darah

metode diet baru

Diet Dash dinilai sebagai teknik mengontrol makan nomor satu di Amerika oleh U.S. News and World Report selama delapan tahun berturut-turut. Bagaimana cara menjalankannya yang baik?

Diet Dash diciptakan oleh National Heart, Lung and Blood Institute (NHLBI). Metodenya menerapkan konsumsi makanan yang rendah gula; porsi makan yang tepat, mengurangi sodium; dan menambahkan nutrisi yang baik untuk menurunkan tekanan darah, seperti potasium, kalsium dan magnesium. 

ATURAN: Untuk menjalani diet ini secara optimal, rule of thumb-nya adalah eat in moderation. Semua memiliki porsi yang seimbang dan saling melengkapi satu sama lain. Anda tetap mengonsumsi protein, lemak, dan karbohidrat, tapi dalam porsi yang tidak berlebihan. Yang paling utama harus Anda perhatikan saat memilih makanan untuk dikonsumsi setiap hari ialah sodium level pada makanan tersebut.

Ada dua versi, Standard DASH Diet dengan konsumsi sodium hingga 2.300 mg per hari; Lower Sodium DASH Diet yang punya aturan konsumsi sodium lebih ketat, yaitu 1.500 mg per hari.

low crab and sugar
Designed by Freepik

Lalu apa saja yang bisa dikonsumsi? Kedua versi diet ini menyarankan kita untuk mengonsumsi whole grains, buah-buahan, sayuran dan low-fat dairy products. Anda masih bisa menikmati ikan, ayam, dan sejumlah kacang-kacangan beberapa kali dalam satu minggu.

Metode ini tidak seratus persen menghilangkan konsumsi lemak. Sebab, lemak memiliki fungsi yang baik dalam membantu tubuh menyerap vitamin. Tapi, tentunya konsumsi lemak ini dibatasi tidak lebih dari 30% setiap harinya. Takarannya bisa dibuat 1 sendok teh margarin, 1 sendok teh mayonais, atau 2 sendok makan salad dressing.

CATATAN PENTING: Saat merubah pola makan, sebaiknya lakukan secara perlahan dan jangan terlalu ekstrem sehingga bisa mencegah efek samping yang tidak diinginkan. Misalnya, diare yang biasanya muncul saat melakukan diet dengan konsumsi serat yang banyak.

Pastikan juga untuk tetap melakukan aktivitas fisik agar proses penurunan tekanan darah dapat tercapai dengan lebih mudah.

opsi olahraga ringan yang praktis
Designed by prostooleh / Freepik

MANFAAT: Penerapan makanan sehat memberikan banyak manfaat bagi tekenan darah. Tidak hanya sebatas itu, tapi juga membantu mencegah osteoporosis, kanker, penyakit jantung, stroke, dan diabetes.

Walau bukan ditujukan untuk mengurangi berat badan, tapi berkat porsi makan seimbang, sehat dan berkisar di 2.000 kalori per hari yang diterapkan, bisa membantu Anda mendapatkan berat badan yang lebih ideal.

Bonus lain, dikarenakan metodenya tidak menghilangkan komponen penting untuk kita makan, maka pencernaan makanan tetap menjadi vitamin, mineral dan amino acid yang pas untuk tubuh dan akan terlihat pada kulit. Konsumsi protein yang cukup, membantu tubuh untuk memproduksi amino acid sebagai bahan utama pembentukan kolagen untuk membuat kulit kita jadi lebih kenyal dan elastis.

(images GETTY IMAGES, FREEPIK)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.