Fiesso d’Artico: Tempat Kelahiran Sepatu Louis Vuitton

Mengenal lebih dekat pusat produksi sepatu Louis Vuitton di Fiesso d’Artico.

Berlokasi di Veneto, kota Fiesso d’Artico menjadi rumah workshop pengerjaan alas kaki Louis Vuitton sejak tahun 2009. Lingkungan istimewa ini telah menjadi saksi kebanggaan para artisan yang bekerja menempuh berbagai tantangan kreatif yang secara terus menerus bergulir seiring berjalannya waktu.
  
Sejak abad ke-13, jernihnya air di sungai Brenta dan perumahan musim panas keluarga Venetian telah mengundang ketertarikan para penyamak kulit dan calegheri (cordwainer), dari Rialto dan alun-alun St. Mark menuju Fiesso d’Artico, sekitar tiga puluh kilometer dari kota mengapung tersebut. Area ini kemudian dikenal sebagai manufaktur sepatu terbaik secara internasional. Bahan mentah kualitas terbaik, teknik turun temurun dan filosofi yang kaya, dikombinasikan untuk membuat para artisan lokal menguasai seni keahlian mengolah produk luksuri.


Louis Vuitton sendiri memilih Fiesso d’Artico sebagai pusat produksi lini alas kaki mereka, ketika aktivitas ini diluncurkan oleh rumah mode tersebut pada tahun 1998. Sebuah gedung bergaris rancang streamlined, dirancang secara khusus untuk menghormati alam dan untuk menyesuaikan kebutuhan ekologikal miliknya yang ketat. Pengawasan temperatur geothermal, kualitas udara, pendaur-ulangan air hujan: aspek-aspek ini telah dirancang untuk mengoptimalkan kesejahteraan alam dan artisan-artisan yang bekerja itu sendiri. Area seluas 14.000 meter per segi, menawarkan lingkungan bekerja yang damai, jauh dari keriuhan dunia luar. Dinding polos dan sinar matahari alami, menjadi lanskap sempurna untuk tiap aktivitas mencipta yang dilaksanakan.

 


Berbagai laboratorium yang khusus menangani koleksi sepatu perempuan dan laki-laki Louis Vuitton, bernaung di dalam gedung tersebut. Laboratorium ini memperbolehkan para tim untuk membuat purwa-rupa dan menguji cobanya. Baik sepatu bertumit arsitektural, ankle boots futuristis, atau bahkan sneakers, para tim di Fiesso d’Artico paham betul cara mewujudkan mimpi menjadi realita. Ketika savoir-faire dan inovasi didedikasikan untuk menjawab kebutuhan para pemikir kreatif atau klien made-to-order, hasil yang dicapai pun selalu mampu mencapai kesempurnaan. Di tempat inilah sepatu-sepatu yang menginjak panggung runway tiap musimnya, dirancang dan dilahirkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *