Pencipta Tas Longchamp Le Pliage®, Philippe Cassegrain, Tutup Usia

Dikenal sebagai salah satu desainer tas paling ikonis di dunia, Philippe Cassegrain meninggal di usia 83 tahun.

Kabar duka datang berhembus dari Prancis. Pada tanggal 28 November 2020 lalu, Longchamp dengan berat hati mengumumkan bahwa presiden rumah mode asal Prancis tersebut, Philipe Cassegrain, telah menutup usia. Pria yang turut dikenal sebagai desainer tas Longchamp Le Pliage® ini menghembuskan napas terakhirnya di usia 83 tahun karena komplikasi yang berhubungan dengan virus Covid-19.

Pada usia 16 tahun, Philippe Cassegrain telah dipersiapkan oleh sang ayah, Jean Cassegrain, yang juga merupakan pendiri Longchamp, untuk bekerja di divisi hubungan internasional. Ia pun memulainya dengan sebuah perjalanan mengelilingi dunia meliputi Afrika dan Asia di tahun 1954 dan Amerika Serikat pada tahun 1956 dan 1957. Ia berpelesir dengan sebuah koper berisikan contoh-contoh produk Longchamp. “Misi saya adalah untuk bertemu dengan kolega-kolega ayah saya, saya sangat penasaran dengan segalanya,” kenang sang mendiang.

Sekembalinya ke Paris, Philippe dengan segera bergabung dengan Longchamp. Berbekal pengalamannya berkeliling dunia, ia menemani sang ayah menjalankan bisnis keluarga mereka, mulai dari proses kreasi, manufaktur, pemasaran, hingga penjualan. Pada periode ini, ia mempelajari segala hal yang perlu ia ketahui mengenai bisnis yang akan menjadi miliknya kelak. Pada tahun 1972, Philippe Cassegrain meneruskan bisnis sang ayah dan menciptakan tas perjalanan pertamanya yang terbuat dari nilon dan kulit. Didukung oleh bantuan sang istri, Michèle Cassegrain, Philippe turut menginisiasi era baru di mana ia mulai mengkreasika tas-tas tangan bergaya feminin.

Kita tak dapat pula melupakan jasa besar Philippe Cassegrain dalam penciptaan salah satu tas paling ikonis di dunia—bahkan hingga hari ini—tas Le Pliage®. Dilahirkan pada tahun 1993, Philippe terinspirasi dari seni melipat origami, dalam penciptaan tas Le Pliage®.  Nama Le Pliage® sendiri yang berarti “lipatan”, diadopsi Philippe untuk mereferensikan teknik melipat asal Jepang tersebut. Materi ringan dan fungsionalitas menjadi elemen paling utama tas Le Pliage®. Bagian tubuhnya yang berbentuk tote lapang dari materi nilon, dapat dilipat hingga rata, semungil buku paperback.

Layaknya logo brand Longchamp, seorang penunggang kuda, Philippe Cassegrain merupakan sesosok kreatif yang memiliki rasa ingin tahu begitu tinggi. Tiap musimnya, ia bekerja keras untuk memberikan kebaruan pada koleksi produk jinjingan laki-laki dan produk travel Longchamp. Ia menjadi contoh sempurna nilai-nilai yang dipegang teguh oleh Longchamp: ketulusan, dinamisme, optimisme dan rasa ingin tahu nan kreatif. Sosoknya yang begitu hangat akan dirindukan dan selalu dikenang oleh umat mode. Selamat jalan, Philippe Cassegrain!

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.