15 Serial Drama Korea Paling Dibicarakan

drama korea paling dibicarakan - korean drama most talk about now

Jika Anda merupakan pemula dalam jagad sinema Korea Selatan, 15 serial drama yang menjadi bahan pembicaraan berikut bisa menjadi awalan untuk memulai perjalanan.

Sinema Korea Selatan bukan suatu kebaruan. Industri perfilman Korea Selatan sejatinya telah melahirkan karya selama lebih dari setengah abad. Jika Anda heran mengapa baru sekarang dunia dibanjiri oleh film-film dan serial drama Korea Selatan? Selayaknya sinema berbahasa asing—bukan bahasa Inggris—lainnya, pamor karya sinema Korea Selatan pun hanya besar di kalangan tertentu… sampai sekiranya dua dekade terakhir.

Ranah sinema Korea Selatan kian mendapat pengakuan dunia seiring peningkatan reputasi budaya K-pop negaranya. Puncaknya ialah kemenangan bersejarah film Parasite yang berhasil membawa empat piala Oscar 2020, termasuk kategori Film Terbaik, pada ajang Academy Awards ke-92. Kini, dunia seolah mengejar ketertinggalan akan intelektual seni perfilman Negeri Gingseng tersebut. Tiga bulan menjalani social distancing dan menghabiskan hari-hari di rumah pun memberikan waktu luang serta alasan untuk kita—dalam hal ini, saya sendiri—lebih memahami daya tarik sinema Korea Selatan. Sebab, mengapa tidak?

Jika Anda merupakan pemula dalam jagad sinema Korea Selatan, kami mengurasi 15 serial drama yang tengah menjadi bahan pembicaraan untuk membantu Anda memulai perjalanan. Siap-siap untuk tersenyum, tertawa, dan menangis sembari memegang kotak tisu. Serial drama Korea Selatan memiliki reputasi dapat membawa para penontonnya hanyut dalam narasi sarat emosi tak terduga.

Hospital Playlist

Rilis bulan Maret 2020, episode Hospital Playlist (total 12 episode) selalu menjadi trending topic Twitter dan merengkuh ratting tinggi pada setiap penayangannya. Kehidupan lima dokter spesialis di rumah sakit mengisi alur ceritanya. Masing-masing menawarkan konflik berbeda; mulai dari cinta segitiga di antara persahabatan, masalah perceraian, dilema orangtua, hingga persoalan religi. Walau begitu, narasi serial orisinil Netflix ini ditulis ringan penuh unsur komedi alih-alih dramatis. Plus, dilatari lagu-lagu populer musisi Korea Selatan sebagai soundtrack serialnya.
Tahun rilis: 2020
Platform: Netflix

Itaewon Class

Diadaptasi dari webtoon berjudul sama, Itaewon Class yang dilatari narasi balas dendam menceritakan perjalanan sukses seseorang yang dipandang remeh. Plot berfokus pada kehidupan Park Sae-Ro-Yi (Park Seo-Joon) dalam membangun bisnis restoran-bar menjadi waralaba terkemuka di Korea dan internasional—jika Anda tengah menggeluti bisnis makanan, serial drama ini memiliki beberapa catatan bermanfaat. Alur cerita juga secara kuat membahas tentang persoalan diskriminasi terhadap etnis dan gender.
Tahun rilis: 2020
Platform: Netflix

Signal

Jika Anda gemar menonton serial detektif seperti NCIS, Criminal Mind, atau Law & Order, Anda akan menikmati Signal. Sebagian ceritanya mengadaptasi kisah nyata pembunuh berantai di Korea Selatan. Plot dibuka oleh sambungan walkie talkie misterius yang memungkinkan seorang detektif dari tahun 1986 untuk berkomunikasi dengan profiler kriminal era modern dalam menyelesaikan kasus-kasus terbengkalai. Para detektif berjuang untuk menyelesaikan kasus-kasus ini sambil memainkan permainan berbahaya dengan nasib dan waktu.
Tahun rilis: 2016
Platform: Netflix

Kingdom

Kingdom mengajak Anda larut dalam situasi mencekam wabah yang mengubah manusia menjadi mayat hidup. Pada musim pertamanya, Anda akan mengikuti perjalanan menegangkan putera mahkota Lee Chang (Ju Ji-Hoon) dalam menelusuri asal wabah demi mencari obat bagi rakyatnya. Permasalahan kian rumit sebab masyarakat dilanda kelaparan. Intrik politik keluarga kerajaan yang berebuh tahta pada akhirnya memaksa Lee-Chang menghadapi pengkhianatan orang kepercayaan, serta mengambil keputusan penting yang membuatnya semakin jauh dari mahkota raja.
Jadwal Rilis: 13 Maret 2020
Platform: Netflix

Sky Castle

Sky Castle menjadi serial drama paling populer di akhir tahun 2018. Kisahnya menarasikan upaya licik keluarga borjuis di kawasan eksklusif Seoul, Sky Castle dalam menjaga status kelasnya. Salah satunya dengan memastikan anak-anak mereka mendapat tempat di universitas ternama Korea. Serial ini sekaligus menyoroti tekanan besar pada pelajar di Korea Selatan untuk lulus ujian masuk perguruan tinggi agar dipandang sebagai yang terbaik di masyarakat.
Tahun rilis: 2018
Platform: Netflix

Prison Playbook

Bintang olahraga baseball dinyatakan bersalah setelah menyerang seorang laki-laki yang mencoba melakukan kekerasan seksual terhadap saudara perempuannya. Kim Je-Hyeok (Park Hae-Soo) didakwa hukuman satu tahun, tepat satu hari sebelum debut MLB-nya di Amerika Serikat. Prison Playbook dipenuhi komedi satir kehidupan para narapidana serta menyoroti birokrasi dibalik jeruji yang sarat korupsi.
Tahun rilis: 2017
Platform: TvN, Netflix

reply 1988

Reply 1988

Babak teranyar dari seri drama Reply (Reply telah merilis tiga musim: Reply 1997, Reply 1994, dan Reply 1988) ini mengajak Anda menelusuri kehidupan masyarakat Korea Selatan di tahun 1988. Peristiwa bersejarah Olimpiade Seoul 1988 melatari kisahnya yang lekat dengan nilai-nilai kehidupan manusia sehari-hari antara keluarga dan teman. Percikan asmara, tentu saja tidak terlewatkan. Seri Reply seolah ‘berbicara’ pada para penontonnya bahwa masa lalu dapat dijadikan pembelajaran.
Tahun rilis: 2015
Platform: Netflix

Extracurricular

Jisoo (Kim Dong Hee) adalah seorang siswa unggulan. Nilainya selalu sempurna dan ia hampir tidak pernah terlibat masalah. Namun, tidak ada yang tahu bagaimana cara Jisoo mengisi waktu luang demi memenuhi ambisinya masuk universitas.
Tahun rilis: 2020
Platform: Netflix

Search: WWW

Search: WWW menyoroti kehidupan karier profesional para perempuan ambisius yang menempati posisi tinggi di sebuah perusahaan situs pencarian raksasa berlabel unicorn. Dinamika politik di tempat kerja dihadapi dalam cara yang tenang, tajam, dan berkelas. Pemimpin perempuan digambarkan memperhitungkan rasio, yang menjadi sindiran terhadap sentimen bahwa perempuan seringkali terlalu mengedepankan rasa.
Tahun rilis: 2019
Platform: Netflix

Hi Bye, Mama

Sejak kecelakaan yang membunuhnya lima tahun lalu, Cha Yu-Ri (Kim Tae-Hee) hidup sebagai hantu. Suatu hari, ia mendapat kesempatan reinkarnasi untuk kembali hidup menjadi manusia. Syaratnya, ia perlu meyakinkan keluarga untuk bisa menerimanya kembali dalam waktu 49 hari. Persoalan kian rumit karena sang suami telah menikah dengan perempuan lain, dan anaknya yang berusia lima tahun dapat terjebak aktivitas paranormal.
Tahun rilis: 2020
Platform: Netflix

When the Camellia Blooms

Dong-baek (Gong Hyo-jin) membesarkan anaknya sebagai ibu tunggal, sekaligus pemilik sebuah bar. Dengan latar belakag sekaligus sikap mandirinya, Dong-baek kerap dijadikan pusat perhatian serta sasaran pergunjingan warga. Namun, hal tersebut tidak meluluhkan perasaan seorang polisi setempat yang jatuh harti padanya. Kisah hidup Dong-baek semakin pelik ketika seorang penjahat buron tengah memburunya sebagai saksi kasus pembuhan bertahun-tahun silam.
Tahun rilis: 2019
Platform: Netflix

Mr. Sunshine

Bersituasikan di tahun-tahun terakhir sebelum masa pendudukan Jepang di Korea, Mr. Sunshine mengisahkan romansa seorang kapten Korps Marinir Amerika Serikat keturunan Korea dengan seorang bangsawan negara yang memperjuangkan kemerdekaan Korea. Hubungan keduanya diwarnai kepentingan politis masing-masing negara.
Tahun rilis: 2018
Platform: TvN, Netflix

Crash Landing On You

Crash Landing On You mengisahkan romansa dua manusia dari dua negara konflik. Sang perempuan, Yoon Se-Ri (Son Ye-Jin), adalah warga kelas atas dari Korea Selatan, sementara si lelaki, Ri Jeong-Hyeok (Hyun Bin), merupakan tentara militer Korea Utara. Keduanya bertemu karena kecelakaan paralayang yang dialami Yoon Se-Ri di wilayah perbatasan militer. Dilatari cerita cinta yang khas drama Korea Selatan, serial ini juga menyoroti ketegangan hubungan antar kedua negara tersebut.
Tahun rilis: 2019
Platform: Netflix

Descendants of the Sun

Kapten Unit Pasukan Khusus Korea Selatan, Yoo Si-jin (Song Joong-ki) bertemu dokter Kang Mo-yeon (Song Hye-kyo) setelah ia menangkap seorang pencuri dan membawanya ke rumah sakit untuk perawatan. Dari sana, keduanya selalu dipertemukan dalam setiap peristiwa: bencana alam, perang gangster, hingga konflik antar negara. Kedua pemeran utama melanjutkan kisah cinta mereka tidak hanya sebatas akting. Keduanya sempat menikah pada 2017, dan publik dibuat patah hati saat mereka berpisah di tahun 2019. Namun, Descendants of the Sun tetap menjadi salah satu drama Korea favorit hingga hari ini.
Tahun rilis: 2016
Platform: Netflix, Hulu.

While You Were Sleeping 

Bagaimana jika Anda memiliki kesempatan untuk mengubah masa depan? Seorang reporter, jaksa muda, dan polisi, mendapatkan mimpi yang saling berhubungan. Ketiganya bekerja sama dan mencegah kematian satu sama lain hingga mengungkap kasus kejahatan. Sebuah kisah fiksi yang dirancang berliku di mana Anda sulit mengantisipasi alurnya.
Tahun rilis: 2017
Platform: Netflix

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.