Nilai Inspiratif Film Dokumenter Michelle Obama ‘Becoming’ di Netflix

netflix becoming michelle obama

Nilai dalam film dokumenter Michelle Obama, ‘Becoming’. Pencarian jati diri, perayaan akan hidup, dan interaksi antar manusia. Bukan spoiler.

Film dokumenter Becoming yang menarasikan kehidupan Michelle Obama telah rilis di Netlix pada 6 Mei 2020. Plotnya dilatari perjalanan Michelle Obama untuk tur buku memoarnya yang berjudul sama (Becoming rilis November tahun 2018) di 34 kota negara bagian Amerika Serikat.

Pagelaran seminar ala “konser Béyonce”, sebagaimana dikatakan Barrack Obama, sesi penandatanganan buku, rangkaian forum diskusi skala kecil nan intim, hingga interaksinya di belakang panggung; termasuk pilihan fashion yang senantiasa membuatnya jadi tajuk utama, berdansa diiringi lagu Drake, serta selfie menggunakan selfie stick. Sebab, bagaimanapun, Michelle Obama juga perempuan pada umumnya.

netflix becoming michelle obama
photo courtesy of Netflix

Di bawah arahan sutradara Nadia Hallgreen, Becoming turut menyajikan kilas balik ke rumah masa kecil Michelle Obama, hubungannya dengan keluarga dan cerita tentang leluhurnya sebagai kelompok terpinggirkan diilustrasikan lewat foto-foto lama keluarga. Sisipan rekaman kehidupan beberapa perempuan muda yang mendapatkan inspirasi dari figurnya seolah meneguhkan bahwa Michelle Obama merupakan salah satu perempuan paling berpengaruh di dunia.

Jika Anda berharap melihat Michelle Obama menangis selama mendampingi Presiden Barrack Obama, kala mata dunia mengawasi setiap gerak serta tutur katanya, atau momen pribadi keluarga yang emosional, Anda tidak akan mendapatkannya—walau terdapat pengakuannya yang merasa sempat terisak terisak “selama 30 menit” ketika memasuki Air Force One (untuk terakhir kalinya pada hari inagurasi Presiden Donald Trump). “Saya pikir, emosi tersebut adalah pelampiasan selama 8 tahun penuh untuk mencoba melakukan segalanya dengan sempurna,” tuturnya.

netflix becoming michelle obama
photo courtesy of Netflix

Meski tanpa ‘kejutan’ yang membuat mata terbelalak, film dokumenter ini jauh dari sekadar memoar. Becoming menitikberatkan perspektif Michelle Obama dalam memandang diri sendiri. Bagaimana ia menginginkan arah hidupnya usai mengemban tugas Ibu Negara Amerika Serikat? Apa yang yang ingin ia berikan untuk hidupnya? Apa yang membuatnya bahagia? Sebuah “Jalan yang benar-benar baru atas kehidupan yang baru,” katanya ketika seorang perempuan muda mempertanyakannya.

Selama menonton, saya mengutip beberapa ucapan sang Ibu Negara Amerika Serikat ke-44 sebagai pembelajaran.

netflix becoming michelle obama
photography Miller Mobley styling Meredith Koop hair Yene Damtew makeup Carl Rayproduced by Nathalie Akiya at Kranky Productions

“Kisah hidup Anda adalah sumber kekuatan Anda sebagai manusia.”
Michelle Obama berpendapat bahwa manusia seringkali terlalu fokus pada statistik. Nilai manusia lebih dari sekadar data angka, indeks prestasi kumulatif atau saldo rekening di bank, ketika Anda mulai memikirkan bagaimana melihat pribadi Anda.

“Saya tidak pernah merasa tidak terlihat.”
Berasal dari keluarga minoritas tidak lantas membuat seseorang perlu ‘menunduk’ saat menghadapi dunia. Michelle Obama tumbuh menjadi seorang yang kritis, yang berani menyuarakan pendapat dan pikiran di hadapan orang, tanpa merasa bahwa latar belakang etnis serta ekonomi keluarga mengecilkan posisinya.

She was wrong!”
Ketika seseorang memandang rendah terhadap Anda; percaya pada diri sendiri, kesampingkan pandangan negatif, berusaha keras, dan buktikan bahwa Anda pantas dan mereka salah. Seperti yang dilakukan Michelle Obama ketika guru sekolahnya meremehkan mimpinya untuk kuliah di Universitas Princeton.

“Kita tidak bisa menunggu dunia menerima kesetaraan untuk merasa dianggap.”
Dunia masih perlu waktu dan kerja keras dalam menyikapi persoalan kesetaran. Kontribusi kita sebagai manusia dalam mempercepat prosesnya ialah, “perlu mencari alat dalam diri sendiri untuk merasa dianggap, didengar, dan kemudian menyuarakannya.” Sebab sesungguhnya, manusia telah menjadi setara ketika berpikir bahwa dirinya setara.

“Saya tidak ingin hanya menjadi pelengkap mimpi pasangan saya.”
Saat membicarakan hubungannya bersama Barrack Obama, Michelle Obama menekankan pentingnya membangun diri sendiri untuk berada di tempat yang ia yakin akan dan dapat menjadi setara dengan sang pasangan. (Dan saya setuju, saya pikir bahwa pasangan yang baik ialah mereka yang saling mengimbangi; tidak mengisi kekurangan satu sama lain hingga mengikis kelebihan masing-masing.)

“Kebahagiaan saya tidak bergantung kepada siapa (suami) yang membuat saya bahagia.”
Satu-satunya orang yang dapat membuat Anda bahagia adalah diri Anda sendiri. Pilihan Anda menentukan

“Saya tidak berjalan kembali ke masa lalu, melainkan menciptakan jalur berikutnya yang benar-benar baru.”
Tidak berarti Michelle Obama merasa malu dan ingin melupakan hari-harinya sebelum mengemban tugas Ibu Negara Amerika Serikat. Namun, masa depan merupakan “babak baru atas kehidupan yang benar-benar berbeda,” kata perempuan yang juga merupakan alumni Universitas Harvard itu.

“Ketika seseorang menghampiri dan bicara pada saya, jangan menoleh ataupun berpaling. Lihat mata mereka dan dengarkan kisahnya”
Interaksi antar manusia memberikan Anda pandangan yang lebih luas akan dunia, sebab sudut pandang setiap orang berbeda dalam melihat dunia.

Fashion bukan sekadar fashion ketika berpotensi mendefinisikan diri Anda… Dan adalah cara Anda untuk menggunakannya sebagai sumber daya ketimbang menjadi korbannya.”
Kita hidup di dunia di mana penampilan merupakan titik penilaian awal seseorang terhadap orang lain. Rasanya terlalu naif untuk berpikir sebaliknya. Triknya ialah jangan biarkan hal tersebut mendikte Anda. Kenakan boots aksen gliter, coba segala warna, eksplorasi karena Anda tidak terbatas pada sebuah kain, dan manfaatkan yang sesuai karakteristik Anda.

“Jangan biarkan masa kini menjadi patokan akan apa yang akan terjadi di masa depan.”
Sebab, takdir dapat berubah dan pilihan Anda yang menentukan arahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.