Menu Andalan Chef Untuk Perjamuan Khas Indonesia

elle indonesia juli 2019 - food

Empat sosok dunia kuliner Tanah Air menampilkan talenta masing-masing dalam menyajikan makanan dan minuman yang sarat tradisi budaya Indonesia.

Rawon Sapi dengan Cumi Daun Jeruk dan Bubur Tulang Sumsum

Keluak kerap digunakan untuk memberi warna hitam alami pada berbagai hidangan Indonesia. Terlepas dari itu, biji keluak punya banyak manfaat sebagaimana rempah-rempah Indonesia yang memiliki banyak kegunaan. Di daerah yang jarang ditemukan pohon kelapa, orang memanfaatkan minyak biji keluak sebagai pengganti minyak kelapa. Biji kluwek juga mengandung vitamin c, zat besi, dna asam glorat. Ini menjadikan kluwek sebagai tanaman kaya manfaat. Atas dasar alasan ini, Renatta Moeloek menjadikannya salah satu bahan andalan saat memasak seperti menu rawon ini.

Tips dari Renatta dalam memilih keluak, “Pilihlah yang tua dengan isi berwarna cokelat kehitaman agar mendapat keluak yang tidak pahit. Untuk menggunakannya sebagai bumbu masakan, rendam keluak dengan air panas lalu haluskan bersama bumbu lainnya.”

 

Linguini Sambal Ijo

Di Benedict ataupun di Cork & Screw Country Club, Fernando Sindu kerap menghadirkan menu-menu spesial Indonesia. Baik dari cita rasa, maupun pemilihan bahan pangan lokal. Salah satu favorit: Linguini Sambal Ijo. Yang sebetulnya mirip dengan pasta spageti aglio olio. Jika aglio olio memakai cabai, bawang putih, minyak, dan keju parmesan sebagai bumbu, maka pasta olahannya memakai sambal hijau.

Alasannya? “Khazanah kuliner Indonesia tak terpisahkan dari sambal. Apapun jenis makanannya, sambal menjadi pendamping yang penting dalam menambah cita rasa. Sambel ijo adalah satu esensi penting dalam kuliner Sumatera Barat. Masyarakat Minang kerap menyebutnya ‘Lado Mudo’ yang artinya sambal cabai muda karena terbuat dari cabai hijau muda. Rasanya yang khas dan tidak terlalu pedas menjadi andalan sejumlah restoran Padang di Indonesia,” jawabnya.

Modifikasi menu pasta sambal ijo balado khas Sumatera Barat diterapkan pada kombinasi cabai hijau. “Saya mengganti cabai jalapeno, dengan cabai gedong yang telah dibudidaya di Indonesia.” Selain itu, ia memakai smoked beef yang dimasak serupa cara daging se’i, daging asap asal Kupang, Nusa Tenggara Timur.

 

Marie Regal Cake

Kue Marie Regal tengah kembali digemari di tengah masyarakat Indonesia. Baik sebagai camilan, ataupun teman minum kopi dan teh. Proses pembuatan Marie Regal Cake cukup memakan waktu. Sebab, agar tidak melempem perlu olahan yang teliti.

Marie Regal Cake terdiri dari sponge cake, coffee froasting, dan biskuit marie yang diolah kembali. Biskuit Marie Regal dicampur susu bubuk, kemudian dipanaskan di dalam oven 180 derajat celsius. Dipanggang dengan campuran gula, mentega, dan tepung sehingga lebih wangi dan teksturnya masih terlihat bagus. Kunci resep pribadi Charins Chang, “Di dalam froasting-nya, saya menyampur kopi dan bubuk biskuit yang sudah dipanggang agar rasanya lebih menguat,” jawabnya.

 

Gayo Negroni

Kopi biasanya dicampur susu, gula, atau creamer.  Bagaimana jika rasa pahitnya diramu dalam cocktailGayo Negroni ini hasilnya. Sebenarnya tidak ada opsi tetap dalam menentukan biji kopi yang dapat digunakan sebagai bahan racikan minuman cocktail. Anda bisa menggunakan jenis biji kopi sesuai selera pribadi. Terlebih lagi, reputasi kopi asal Indonesia pun sudah terkenal hingga mendunia.

Namun, perlu diingat jika setiap biji kopi memiliki tingkat rasa yang variatif. “Untuk meracik minuman yang saya beri nama Gayo Negroni ini, saya memutuskan untuk mencampur biji kopi Aceh Gayo dengan manis anggur untuk menambah kedalaman rasa dan semakin memperkuat karakteristik Negroni yang klasik,” pesan Tariq Widarso.

(Photo: DOC. ELLE Indonesia; photography TOGI PANJAITAN styling ISMELYA MUNTU)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.