Hadapi Rasa Takut: 6 Tayangan Netflix Soal Phobia

elle indonesia - styling SIDKY MUHAMADSYAH photography IKMAL AWFAR

Kenali dan hadapi rasa takut dengan menyaksikan sejumlah film di Netflix.

Nyaris semua orang memiliki rasa takut. Baik itu terhadap hantu, zombie, atau bahkan rumah sakit. Di bulan Halloween yang kerap identik dengan hal-hal menyeramkan, kenali dan hadapi rasa takut tersebut dengan menyaksikan beragam film yang memacu adrenalin di Netflix. Dan temukan penangkal yang tepat untuk meredakan ketakutan-ketakutan itu.

Claustrophobia

hunting of bly manor

Claustrophobia merupakan rasa takut terhadap tempat yang sempit ataupun ramai. Jika Anda merasa memiliki Claustrophobia, hadapi rasa takut dengan menyaksikan serial horor Netflix berjudul The Haunting of Bly ManorBayangkan diri Anda terjebak di sebuah tempat yang dipenuhi oleh hal-hal aneh. Hal ini menantang Anda agar lebih berani dan melawan ketakutan.

film netflix oktober 2020

Penangkal:
Setelah berhasil ‘keluar’ dari The Haunting of Bly Manor, saatnya Anda ‘terbang’ ke Paris yang indah dan memesona lewat film Emily in ParisSerial ini mengikuti Emily, seorang eksekutif pemasaran berusia 20-an dari Chicago. Ia perempuan yang ambisius dan berhasil mendapatkan pekerjaan idamannya di Paris. Kehidupan barunya pun penuh dengan berbagai petualangan dan kejutan yang tak terduga. 

Nosocomephobia

ratched netflix sarah paulson

Jika Anda memiliki rasa takut yang berlebihan terhadap rumah sakit, mungkin Anda memiliki Nosocomephobia. Coba tonton serial Ratcheddi mana Anda akan mengikuti seorang perawat rumah sakit jiwa yang misterius bernama Mildred Ratched (diperankan Sarah Paulson). Meski berbagai eksperimen yang diperlihatkan di rumah sakit tersebut dapat membuat jantung Anda berdegup kencang, Anda akan dibuat penasaran oleh misteri-misteri yang berputar di sekitar Mildred. 

Penangkal:
Setelah menyaksikan kehidupan rumah sakit jiwa yang gelap di Ratched, saatnya untuk menghibur diri dan tertawa dengan Hospital PlaylistSerial ini mengikuti persahabatan lima dokter yang hebat, di mana kita dapat melihat perjuangan dan dedikasi mereka dalam menyelamatkan para pasien. Kisah-kisah cinta di Hospital Playlist barangkali bisa meredakan ketakutan Anda terhadap rumah sakit. 

Wiccaphobia

sabrina netflix

Apakah melihat penyihir yang sedang beraksi membuat Anda bergidik ngeri dan ketakutan? Mungkin Anda memiliki Wiccaphobia yang merupakan rasa takut terhadap penyihir atau hal-hal yang berbau sihir. Coba tonton Chilling Adventures of Sabrina yang menceritakan tentang seorang penyihir remaja berdarah campuran yang berusaha menyeimbangkan sisi manusia dan penyihirnya. Tidak hanya jalan cerita yang menarik, serial ini juga memperlihatkan visual yang apik dengan pewarnaan yang cantik sehingga Anda mungkin bisa melupakan ketakutan Anda terhadap penyihir.

Penangkal:
Jika Anda ingin mengikuti cerita sihir yang lebih ringan, coba saksikan sekaligus bernostalgia dengan serial anime Cardcaptor SakuraKetika seorang perempuan bernama Sakura menemukan buku kumpulan Kartu Clow di perpustakaan, tanpa sengaja ia melepaskan berbagai karakter ajaib yang keluar dari Kartu Clow. Sakura kemudian harus berusaha menangkap kembali semua karakter tersebut dengan dibantu oleh sahabatnya Tomoyo dan sang penjaga kartu bernama Kerberos. 

Kinemortophobia

#alive netflix

Sulit untuk tidak merinding melihat zombie yang buas dan agresif ketika mengejar mangsanya. Tetapi jika zombie terus-menerus membuat Anda bermimpi buruk, mungkin Anda memiliki Kinemortophobia. Hadapi rasa takut dengan menonton film Korea #Alivedi mana kita bisa melihat perjuangan dua manusia yang berusaha bertahan hidup dari serangan zombie. Upaya kedua orang ini mungkin bisa menjadi motivasi kita agar tidak takut menghadapi zombie. 

Penangkal:
Setelah berlari-lari dari kejaran zombie di #Alive, coba berkenalan dengan berbagai makhluk gaib di Spirited AwayFilm karya Studio Ghibli ini dapat membuka pemikiran Anda bahwa hantu tidak selalu menyeramkan; teknisnya lewat desain animasi yang autentik, unik, dan begitu menawan. Alur cerita sarat makna mampu membawa para penontonnya dalam sebuah petualangan yang fantastis dan luar biasa lewat sudut pandang seorang anak kecil bernama Chihiro.  

Phasmophobia

Phasmophobia adalah rasa takut akan hantu. Kemunculan makhluk-makhluk tidak kasat mata di waktu tak terduga memang selalu membuat bulu kuduk merinding, tetapi bukan berarti kita tidak bisa mengatasi rasa takut tersebut. Lihat saja bagaimana sebuah keluarga di Pengabdi Setan mengesampingkan ketakutan mereka demi menyelamatkan diri dari gangguan roh jahat. 

Penangkal:
Jika Anda ingin melihat hantu yang lebih ramah, coba ikuti drama Korea berjudul Hi Bye, Mama! Dibintangi oleh Kim Tae-hee, serial yang mengharukan ini menceritakan tentang hantu seorang perempuan yang menunda reinkarnasi demi melihat sang putri tumbuh dewasa. Karena melanggar hukum alam, ia diberikan kesempatan oleh para Dewa untuk sekali lagi menjalani hidup. Waktunya ialah 49 hari untuk kembali mendapatkan tempat di tengah keluarganya atau ia akan musnah dan kehilangan kesempatan reinkarnasi.

Technophobia

the social dilema

Tidak hanya hantu, seseorang bisa saja memiliki ketakutan yang berlebih terhadap teknologi atau biasanya disebut dengan Technophobia. Film dokumenter The Social Dilemma menjelaskan mengenai kebangkitan media sosial dan dampak negatifnya terhadap masyarakat, termasuk kesehatan mental. Setelah menyaksikan film ini, sepertinya memang tidak ada salahnya untuk lebih berhati-hati dalam menggunakan teknologi dan media sosial. 

Penangkal: Jika Anda ingin tahu efek yang menggemaskan dari sebuah teknologi, coba ikuti serial Love AlarmSerial ini menceritakan sebuah aplikasi untuk mempertemukan pasangan kekasih.

Tahan dulu, ceritanya bukan mengisahkan kencan dari Tinder atau beragam aplikasi kencan online yang Anda ketahui. Cara kerjanya adalah dengan memberi tahu para penggunanya ketika dalam jarak terdapat orang yang menyukai mereka.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.