Modernisasi Desain Klasik Rumah Pedesaan

modernisasi desain klasik rumah pedesaan - JHID

Sebuah peremajaan total interior rumah pedesaan klasik menjadi hunian berparas eklektik lewat garis desain minimalis masa kini.

Kesederhanaan menjadi titik elegansi keindahan utama interior hunian rancangan tim desain Jessica Helgerson Interior Design (JHID). Dikomandani oleh Em Shephard, struktur hunian yang menempati lahan seluas 250 hektar tersebut dirombak secara total. Mengubah tingkat dasar yang semula area komunal besar menjadi garasi, ruang keluarga, perpustakaan, dan dapur dengan akses langsung ke kebun belakang dekat kolam renang.

Unit-unit kamar di lantai atas dibongkar untuk mewujudkan sebuah living room, terhubung dengan sudut mungil untuk tempat membaca. Ditulis dalam catatan sang desainer, “Gagasan desainnya bertujuan menciptakan hunian yang santai dan penuh kehangatan, ramah untuk keluarga.”

Paras usang tak terawat mendapat suntikkan kebaruan lewat eksplorasi elemen grafis. Lanskap seluruh ruangan tampil bersih dalam latar cat putih yang menyelimuti dinding hingga ke langit-langit, sementara pilar-pilar dan kosen-kosen jendela dilapisi warna- warna gelap, cokelat atau hitam. Komposisi warna yang dipilih memang kontras, oleh karenanya Shephard sengaja mengandalkan materi-materi seperti kayu dan bebatuan alam yang memiliki rona natural.

modernisasi desain klasik rumah pedesaan - JHID
Sekat dibebaskan untuk menghasilkan kesatuan area hunian yang lebih lapang. Melalui penempatan benda-benda estetis bermotif etnik, ruang terlihat ‘hidup’.

Pemanfaatan materi alami tersebut turut mengilhami pilihan furniturnya yang mayoritas bergaya vintage. Jajaran sofa berbalut kulit dan kain linen—masih dalam perpaduan palet warna netral—berkumpul di depan perapian kayu membangun nuansa nyaman di living room. Lantai kayunya beralaskan permadani-permadani bercorak. Sebuah detail yang mengesankan karakter rumah pedesaan.

Walau begitu, karakternya tidak usang berkat paduan benda-benda bergaris rancang kontemporer, seperti lampu gantung siluet terompet berbahan logam kuningan di atas meja makan kayu yang ditemani enam kursi berbingkai kayu dengan sandaran rotan; membuatnya seolah berpijak di antara dua garis waktu, masa lalu dan masa kini, secara harmonis.

modernisasi desain klasik rumah pedesaan - JHID
Karpet bermotif etnik di dalam ruang tidur dibeli dari Maroko. Desain penuh tekstur vintage diperkuat lewat penampakan lounge chair Ari rancangan Arne Norell dari tahun 1960-an.
Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.