Matt Damon Ingin Seluruh Dunia Memiliki Akses Air Bersih

matt damon - earth day

Berbagai kampanye yang dilakukan oleh Matt Damon untuk membantu penyediaan air bersih dan pemberdayaan ekonomi demi mengentaskan kemiskinan.

Lewat profesi aktor, produser film, penulis naskah, dan co-founder Water.org, Matt Damon melakukan perubahan positif yang inspiratif. Sejak 15 tahun silam, ia membantu mengentaskan kemiskinan dan membenahi sanitasi yang buruk. Damon secara konsisten melakukan berbagai kampanye untuk penyediaan air bersih dan pemberdayaan ekonomi lewat organisasi www.water.org yang ia dirikan 2009 silam.

Apa yang menggerakkan Anda untuk melakukan kegiatan sosial?
“Setelah melakukan riset, saya menyadari bahwa akses air bersih dan kelayakan sanitasi adalah jalan keluar dari banyak permasalahan. Berbagai problem di dunia sejatinya tidak bisa diselesaikan tanpa diiringi adanya perubahan ekonomi, komunitas, dan kehidupan masyarakatnya. Sewaktu syuting film di Sub-Saharan Afrika, saya menghabiskan waktu di Desa Zambia. Minimnya akses air bersih dan sanitasi menggerakkan saya untuk ikut mengatasi krisis air bersih lewat Water.org.”

matt damon - earth day

Apa yang menjadi tujuan dan proyek terkini?
Water.org telah membantu lebih dari 25 juta orang dengan akses air bersih dan sanitasi. Cita-cita kami adalah terus meningkatkan penyediaan air bersih dan sanitasi untuk hidup yang layak. Pada 2030 mendatang, kami ingin seluruh masyarakat dunia memperoleh akses air bersih dan sanitasi.”

Apa hal buruk yang pernah Anda saksikan sebagai aktivis lingkungan?
“Sekitar 6 tahun silam, saya mengunjungi Haiti. Saya bertemu seorang anak perempuan berusia 13 tahun yang menghabiskan waktu 3-4 jam setiap hari untuk mengumpulkan air bersih untuk keluarganya di rumah. Saya rasa tidak seharusnya anak-anak dibebankan hal-hal demikian. Mereka seharusnya bermain dan belajar di sekolah, bukan malah harus berjalan jauh demi mencari dan membawa pulang beban berat air bersih dari sungai.”

Apa hal baik yang Anda temukan?
“Dengan kerja keras tim Water.org, keluarga anak tersebut kini bisa mengakses air bersih di rumahnya sendiri. Saya bertanya, apa yang ingin ia lakukan saat tidak lagi sulit mencari air bersih. Ia bilang, ‘Saya akan bermain’. Sebuah hasil dari upaya menyediakan air bersih sekaligus memberdayakan kehidupan lewat pemerataan kesempatan.”

Bagaimana Anda melihat perubahan yang terjadi dalam percakapan isu lingkungan?
“Banyak orang telah bangun dari ‘tidur’-nya. Namun masih banyak yang harus dikerjakan. Perlu ada percakapan dengan para pemimpin dunia tentang bagaimana kita bisa meraih Sustainable Development Goal 6. Misi ini mensyaratkan tersedianya akses air bersih dan sanitasi. Menurut laporan terkini, dibutuhkan sekitar 114 triliun dolar Amerika per tahun hingga 2030 mendatang untuk mencapai misi tersebut. Karena itu, Water. org berkontribusi lewat solusi-solusi yang menyasar kesenjangan dalam pembiayaan.”

Jika Anda adalah “Presiden Bumi”, apa peraturan yang Anda terapkan agar Bumi menjadi tempat yang layak untuk hidup? “Mematahkan lingkaran kemiskinan lewat penyediaan akses air bersih. Tanpa hal tersebut, manusia sulit untuk bertahan hidup dengan layak.”

photography COURTESY OF WATER.ORG

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.