LACMA 2019 Art+Film Gala Akan Menganugerahkan Penghargaan Pada Betye Saar dan Alfonso Cuarón

Seniman Betye Saar dan pembuat film Alfonso Cuarón akan menerima penghargaan khusus di ajang tahunan LACMA 2019 Art+Film Gala yang tahun ini dipimpin oleh Eva Chow dan Leonardo DiCaprio.

The Los Angeles County Museum of Art (LACMA) telah mengungumkan tanggal helatan LACMA Art+Film Gala 2019 beserta dua figur yang akan dianugerahi penghargaan khusus. Pada hari Sabtu, 2 November 2019 mendatang, LACMA akan menganugerahkan sebuah penghargaan kepada seniman Betye Saar dan pembuat film Alfonso Cuarón.

Betye Saar 2019; courtesy of the Artist and Roberts Projects, Los Angeles; photo: David Sprague

“Betye Saar merupakan salah satu figur seniman penting yang masih bekerja hari ini, dan merupakan seseorang yang berani membicarakan isu ras, gender, dan spiritualitas,” ujar CEO LACMA, Michael Govan. “Lahir di Los Angeles dan memiliki karier yang bertahan selama lebih dari tujuh dekade, Saar baru saja mulai mendapatkan penghargaan-penghargaan internasional yang sudah sepatutnya ia terima. LACMA telah memamerkan karya-karyanya sejak tahun 1972. Musim gugur ini, kami sangat bersemangat untuk mempersembahkan Betye Saar: Call and Response, sebuah ekshibisi yang akan menampilkan buku-buku sketsa sang seniman, bagian penting dari proses kreatifnya yang belum pernah dipamerkan sebelumnya, dan hubungannya dengan karya-karya akhirnya.”

Alfonso Cuarón: photo by Dan Winters

“Kami juga sangat antusias untuk menganugerahkan sebuah penghargaan bagi pembuat film, Alfonso Cuarón,” lanjut Govan. “Cuarón menceritakan kisah-kisah mengharukan nan indah tentang kemanusiaan dan bagaimana kita semua terhubung satu dengan yang lain, mulai dari film-film awalnya The Little Princess and Y Tu Mamá También, hingga film-film terbarunya Gravity, dan yang baru dirilis tahun lalu, Roma, yang tak hanya personal namun juga universal. Awal tahun ini, LACMA memamerkan beberapa cuplikan film dari Roma yang tidak hanya menyorot kepiawaian Cuarón dalam urusan komposisi gambar, namun juga keterikatannya yang dalam dan personal dengan banyak pengunjung museum.”

Photo by Stefanie Keenan/Getty Images for LACMA Art+Film Gala 2018

Acara tahunan yang akan dihelat untuk kesembilan kalinya ini, akan dipimpin oleh wali LACMA, Eva Chow, dan aktor, Leonardo DiCaprio. Berperan sebagai co-chair dari helatan LACMA Art+Film Gala 2019, keduanya telah aktif terlibat dengan museum tersebut sejak tahun 2011. Seperti pada tahun-tahun sebelumnya pula, Gucci kembali menjalin kerja sama dengan LACMA sebagai sponsor penyelenggara. Pendapatan yang dihasilkan lewat LACMA Art+Film Gala akan dikerahkan menuju berbagai inisiatif LACMA untuk memajukan program kuratorial museum, sembari memperluas visi-visi utama LACMA. Hal ini meliputi helatan ekshibisi, akusisi, dan program-program berbasis edukasi yang mengeksplorasi film sebagai subyek utamanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *