Prinsip Desain Nir Meiri dalam Mengolah Materi Pilihan

studio design nir meiri

Menata ulang sudut pandang mengenai bagaimana sebuah objek keseharian diciptakan lewat wawancara eksklusif bersama desainer produk, Nir Meiri.

Didirikan pada tahun 2010 oleh desainer kelahiran Tel Aviv, Israel, Nir Meiri, studio desain Nir Meiri menyediakan jasa desain dan arahan artistik dalam skala lokal maupun internasional. Studio yang berada di London ini mengolah material pilihan, terutama yang bersifat mentah, yang kemudian dibentuk menjadi ragam bentuk clean-cut. Menghasilkan produk-produk inovatif yang bermain diantara wilayah keliaran dan ketenangan.

Kreasi-kreasi Meiri terdiri dari lampu, furnitur, hingga objek. Menyemarakkan galeri-galeri di berbagai negara, seperti Nilufar dan Spazio Rossana Orlandi di Milan, Mint dan 19 Greek Street di London, serta Design Museum Holon dan Tiroche Auction House di Israel.

studio design nir meiri
Nir Meiri berlatarkan salah satu karya lampunya, Shell Lights, photo courtesy Nir Meiri.

Berlokasi di sebuah bangunan di Central London, tepatnya bekas sebuah kapel yang didirikan pada tahun 1880, studio desain Nir Meiri membaurkan unsur lama dan baru. “Kami tetap mempertahankan keaslian dari sebagian besar ruang, kemudian mendesain interior yang melingkupinya,” ungkap desainer lulusan Industrial Design di Bezalel Academy of Arts and Design, Yerusalem.

Studio desain ini terbagi menjadi sebuah workshop kecil, sebuah kantor, dan sebuah showroom kecil yang menampilkan berbagai kreasi yang telah dihasilkan studio ini. “Di dalam studio, kami dikelilingi oleh berbagai produk yang merepresentasikan gaya desain kami; sangat kontemporer dengan sentuhan nuansa Skandinavia. Dan ini terlihat begitu kontras dengan tampilan bangunan yang menaunginya. Sebuah kombinasi yang sangat menarik,” papar Meiri pada ELLE.

Menurut sang desainer, situasi ideal sebuah ruang kerja adalah yang dapat mendukung kreativitas. “Studio kami dipenuhi oleh beraneka material dan tekstur, yang bisa dilihat dari arsitektur dan interiornya. Hal ini menginspirasi kami setiap hari,” ujar Meiri. “Aspek penting lainnya adalah keberadaan sebuah area yang ‘bersih’ di mana Anda dapat merasa rileks dan bekerja dengan komputer, serta sebuah workshop kecil untuk membuat sampel produk.”

Sudut ruangan studio yang menghadirkan ragam tanaman menjadi favorit Meiri. Ia juga menyukai momen ketika semua orang meninggalkan studio yang membuat studio sekejap menjadi sunyi. “Itu adalah waktu terbaik bagi saya untuk berpikir dan terinspirasi.”

studio design nir meiri
Dua kreasi vas menawan, Babilus dan Florence, photo courtesy Nir Meiri.
studio design nir meiri
photo courtesy Nir Meiri

text HERMAWAN KURNIANTO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.