Rita Ora Keluar Dari Zona Nyaman

Rita Ora for ELLE Indonesia June 2021 Cover Story photography by Pierre Toussaint styling Cheryl Tan

Menentang ekspektasi publik atas makna seorang diva, superstar global Rita Ora mengelaborasi visi-visi kreatifnya.

Dalam sepuluh tahun terakhir, performa distingtif Rita Ora kerap tampil mengelevasi begitu banyak ragam platform dalam ranah pop culture. Setiap penampilannya dieksekusi secara total dalam balutan karakter kuat yang mampu merebak impresi hingga berhasil mengemas nama Rita Ora sebagai sebuah brand besar.

Mengawali karier musik di tahun 2012 silam, ia meluncurkan album pertama di usia 18 tahun. Kini di usia 30, ia telah merilis 2 album (platinum dan gold) serta sejumlah single hasil kolaborasinya bersama para musisi papan atas dunia. Namun yang membuat pergerakan karier Ora kian menarik adalah fakta bahwa ia tidak pernah terpaku pada pembuatan album musik semata, walau tetap solid sebagai seorang musisi.

Periode di antara peluncuran album dimanfaatkan sebagai pendorong bagi nama besarnya agar mampu beresonansi lebih luas di luar ranah musik. Kinerja Ora tak mengenal lelah dalam memunculkan kehadirannya di berbagai peron hiburan yang senantiasa “trending”. Ia pernah maramaikan panel juri di acara The X Factor dan The Voice UK, menjadi host untuk America’s Next Top Model, hingga membintangi sejumlah serial televisi. Penampakan konstan Ora lantas membuat Anda merasa akrab saat melihatnya muncul di beberapa film box office, termasuk dalam trilogi Fifty Shades (yang mana ia juga berkontribusi mengisi soundtrack). Tidak berhenti sampai di situ. Bersama barisan supermodel dunia, ia pun pernah melenggang di helatan Paris Fashion Week saat Miuccia Prada mempercayakan dirinya untuk berjalan di runway Miu Miu. Ora tampak selalu menjadi bagian dari budaya populer. Nama besar yang dibangun lantas mengundangnya untuk tampil di berbagai helatan formal dunia, seperti melantun untuk keluarga Obama, menyita perhatian di panggung Academy Awards, hingga kanonisasi Bunda Teresa di Vatican City. In summary, she can do it all.

Rita Ora on how to suvive in music, album bang, and get out of comfort zone - interview elle indonesia
RITA ORA for ELLE INDONESIA JUNE 2021 photography by PIRRE TOUSSAINT styling CHERYL TAN fashion PRADA

Namun layaknya figur publik pada umumnya, pemberitaan kontroversial juga kerap menghantuinya. Ora tak jarang menjadi topik dunia karena aksinya yang kerap menentang ekspektasi. Tetapi dekade ini nyata menunjukkan determinasi besar seorang Rita Ora dan karyanya yang senantiasa dibangun dalam kegigihan. Hingga seakan-akan setiap pemberitaan polemis seketika diganjarnya dengan barisan pencapaian. Kini, setelah menjalani satu tahun pandemi, ia mengawali tahun 2021 dengan dua gebrakan sekaligus: hengkang ke Sydney, Australia, untuk duduk bergabung di panel juri The Voice, dan meluncurkan EP terbarunya yang berjudul Bang, buah kolaborasinya bersama produser asal Kazakhtan, Imanbek.

Alokasinya di Sydney berhasil membuat ia kembali tampil menggebrak panggung setelah sekian lama hiatus akibat pandemi. Sedangkan Bang dirilis lewat peluncuran sebuah film musik pendek yang menampilkan Ora mengenakan pakaian tradisional Albania rancangan desainer asal Kosovo, Valdrin Sahit— menjadikan film ini sebagai ode bagi warisan Ora yang berasal dari Albania (ia dan keluarganya pindah dari Kosovo ke London saat berusia 1 tahun) dan Imanbek dari Kazakhstan.

Tengah menikmati pencapaian kariernya di ‘Down Under’, Ora berbagi kisah kepada ELLE Indonesia tentang eksistensi dan kariernya yang kian menyilaukan.

Rita Ora on how to suvive in music, album bang, and get out of comfort zone - interview elle indonesia
RITA ORA for ELLE INDONESIA JUNE 2021 photography by PIRRE TOUSSAINT styling CHERYL TAN fashion MIU MIU jewellery BVLGARI

Hi, Rita. Sejak Februari silam Anda berdomisili di Sydney. Bagaimana kehidupan Anda di Australia?

“Saya merasa sangat bersyukur berada dan bekerja di Australia saat ini. Banyak arti dan tujuan hidup yang saya temukan. Bisa fokus menjalani pekerjaan di sini terasa sangat menyenangkan. Dan adalah suatu kehormataan bagi saya untuk bisa tampil di Mardi Gras. Apalagi sudah sekian lama saya tidak tampil untuk penggemar saya, maka bisa kembali naik ke atas panggung merupakan momen yang luar biasa dan tidak mungkin terlupakan.”

Anda tampak menikmati keterlibatan sebagai juri di The Voice Australia. Berapa lama Anda akan berada di Sydney untuk acara ini?

“Menjadi bagian dari acara ini merupakan pengalaman luar biasa. Semua orang sangat menyenangkan dan benar-benar berbakat. Saya menikmati berada di antara begitu banyak individu kreatif. Saat ini kami telah menyelesaikan semuanya. Walaupun tengah berada di akhir perjalanan saya di Australia, saya sudah tidak sabar untuk bisa kembali lagi ke sini!”

Apa makna keterlibatan Anda sebagai juri The Voice Australia dan pencerahan yang diberikan peran ini terhadap figur Anda sebagai seorang musisi?

“Sebagai artis yang mapan di dunia hiburan, menurut saya sangat penting untuk dapat menyampaikan apa yang telah saya pelajari selama ini kepada orang lain. Peran ini menuntun Anda tentang berbagi pengalaman dan memandu mereka yang baru saja mengenal dunia musik. The Voice benar-benar membuka kesempatan pada para pelatih untuk terhubung dan membimbing para artis baru dan memungkinkan kami untuk membantu secara nyata.”

Rita Ora on how to suvive in music, album bang, and get out of comfort zone - interview elle indonesia
RITA ORA for ELLE INDONESIA JUNE 2021 photography by PIRRE TOUSSAINT styling CHERYL TAN fashion PRADA (blouse, turtleneck, shoes) ZUHAIR MURAD (shorts)

Beranjak mundur sebelum Anda berpijak di Australia, apa yang menyibukkan Anda selama periode satu tahun pertama masa pandemi?

“Fokus pada perawatan diri. Saya benar-benar meluangkan waktu untuk terhubung kembali dengan diri saya sendiri lewat kegiatan menulis jurnal dan menulis lirik, yang mana selalu menjadi proses terapeutik bagi saya. Saya juga memiliki akses ke berbagai peralatan rekaman dan menghabiskan banyak waktu untuk belajar cara merekam musik sendiri. Sungguh suatu berkah.”

Bagaimana Anda memotivasi diri setiap hari? Terlebih di masa pandemi yang menyulitkan dan membatasi pergerakan?

“Bagi saya semuanya tentang mempertahankan pola pikir positif. Saya kerap bermeditasi sepanjang hari demi menjaga pikiran saya tetap jernih dan fokus. Saya juga selalu berolahraga untuk menjaga energi tetap tinggi. Mendedikasikan waktu untuk perawatan diri sehari-hari amat sangat membantu.”

Kapan terakhir kali Anda keluar dari zona nyaman?

“Sejujurnya, mengerjakan Bang adalah langkah di luar zona nyaman saya. Saya pernah membuat rekaman koreografi, tetapi belum pernah melakukan proyek koreografi tari secara lengkap seperti ini sebelumnya. Benar-benar pengalaman baru dan sangat menyenangkan untuk dapat mendorong diri saya lebih jauh dari segi kreativitas!”

Rita Ora on how to suvive in music, album bang, and get out of comfort zone - interview elle indonesia
RITA ORA for ELLE INDONESIA JUNE 2021 photography by PIRRE TOUSSAINT styling CHERYL TAN fashion LOUIS VUITTON jewellery BVLGARI

Bang diluncurkan bulan Februari silam dengan empat track hasil kolaborasi Anda bersama musisi Imanbek. Bagaimana Anda mendeskripsikan musik baru Anda?

“Saya menyukai fakta bahwa betapa kami mampu bereksperimen dengan EP ini. Dalam proyek ini, ada begitu banyak elemen musik yang berbeda. Bagi saya, Bang lebih dari sekadar EP dance—ini bagaikan sebuah kekacauan yang terkontrol. Setiap lagu memiliki nada dan getaran yang berbeda, tetapi masih disatukan oleh aliran yang luar biasa untuk keseluruan proyek.”

Film pendek untuk Bang dikemas berbeda dan sangat istimewa. Apa gagasan dalam membuatnya dan apakah terdapat ‘pesan’ di baliknya?

“Pembuatan film pendek ini adalah pengalaman yang sangat luar biasa. Saya benar-benar ingin menciptakan sebuah pengalaman bagi para penggemar; sesuatu yang benar-benar menangkap energi EP. Saya menyukai gagasan dalam mencampurkan lingkungan konkret bersama musik yang ‘hidup’. Memasukkan warisan tradisi saya ke dalamnya juga sangat penting. Saya sangat bangga dengan asal saya dan ingin mewakilinya lewat tampilan lingkungan dan mode. Lihat saja, gaun adat itu sangat istimewa. Menggarap film ini memungkinkan kami untuk menjelajahi lingkungan yang berbeda di mana kami dapat menceritakan sebuah kisah—persis seperti yang saya bayangkan.”

Mengapa Anda memutuskan untuk membuat film EP ketimbang memproduksi video musik untuk setiap lagu yang tercakup dalam Bang?

“Seperti yang saya katakan sebelumnya, bahwa saya benar-benar ingin menciptakan sesuatu yang mampu menangkap energi dan esensi dari Bang, dan film mini ini sepertinya menjadi cara terbaik untuk melakukannya. Memiliki film ini memungkinkan kami untuk menjelajahi lingkungan yang berbeda di mana kami dapat menceritakan sebuah kisah–persis seperti yang saya bayangkan.”

Rita Ora on how to suvive in music, album bang, and get out of comfort zone - interview elle indonesia
RITA ORA for ELLE INDONESIA JUNE 2021 photography by PIRRE TOUSSAINT styling CHERYL TAN fashion ALEX PERRY

Sejak memasuki industri musik dan hiburan di usia 18 tahun, apa hal terpenting yang pernah Anda pelajari dan menjadi prinsip bagi Anda hingga kini?

“Jangan pernah berhenti memperjuangkan visi kreatif Anda. Sepanjang karier, saya telah dihadapkan pada berbagai tantangan. Namun melalui semua itu, saya tidak pernah kehilangan visi dan apa yang sesungguhnya saya inginkan untuk karier saya. Keyakinan saya pada diri sendiri dan kreativitas adalah yang membuat saya terus maju.”

Anda kerap berkolaborasi dengan sejumlah musisi dunia yang memiliki karakter musik yang berbeda-beda. Bagaimana cara performa Anda tetap autentik di setiap kolaborasi?

“Kuncinya adalah untuk mengikuti naluri dan tetap setia pada diri sendiri sebagai seorang seniman. Berkolaborasi dengan orang lain tentu memberikan pengalaman luar biasa, tetapi selalu pastikan suara Anda didengar. Perspektif artistik dan visi kreatif Anda sangatlah penting!”

Industri hiburan diketahui sangat menghakimi. Bagaimana Anda mengatasi dan bertahan di lingkungan itu?

“Penting untuk mengelilingi diri Anda dengan orang-orang yang tulus. Baik itu keluarga atau teman, sangat penting untuk memiliki orang-orang yang sungguh peduli dan menginginkan yang terbaik dalam hidup Anda. Orang-orang tulus ini sangat membantu untuk membuat Anda tetap membumi dan tidak terlalu terjebak dalam persepsi orang lain.”

Rita Ora on how to suvive in music, album bang, and get out of comfort zone - interview elle indonesia
RITA ORA for ELLE INDONESIA JUNE 2021 photography by PIRRE TOUSSAINT styling CHERYL TAN fashion SPORTMAX (turtleneck, jacket, & pants), Zuhair Murad (shoes) jewellery BVLAGRI (earrings & ring) TIFFANY & CO. (ring)

Apakah Anda merasa memiliki pemahaman yang baik tentang siapa diri Anda saat ini, terlebih di usia baru dalam dekade ini? (Rita Ora berulang tahun ke-30 pada 26 November 2020 silam).

“Sepuluh tahun terakhir ini adalah periode pertumbuhan yang nyata bagi saya. Pengalaman yang saya alami benar-benar menguatkan diri saya sekaligus menegaskan musik yang saya buat. Keyakinan saya terus tumbuh, saya merasa nyaman di tempat saya berada saat ini—baik secara pribadi maupun profesional, dan saya bersemangat untuk menyambut pengalaman hidup berikutnya!”

Apa rencana Anda selanjutnya?

“Saya memiliki banyak proyek yang akan datang di tahun 2021 ini. Saya juga memproduksi musik baru yang sangat saya sukai. Studio benar-benar menjadi happy place untuk saya! Saya belum dapat berbicara banyak saat ini, tapi tahun ini benar-benar istimewa bagi saya. 

digital operator NICK SHAW photography assistant BEC POLLITT styling assistants EMILY IRVING AND ERNEST WICHMANN makeup VICTORIA BARON hair KOHnails CINDY VELLIS USING NETTE BY GLOSS AND CO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.