7 Wisata Pesiar Musim Panas

7 Wisata Pesiar Musim Panas

Opsi berlibur terbaik bagi Anda yang menyenangi lautan. Namun, lebih suka menjejak daratan atau berlayar di atas permukaan laut ketimbang menyelaminya.

Berpesiar atau cruising telah populer sebagai opsi menyenangkan untuk berlibur. Lebih dulu dikenal di Amerika dan Eropa, kemudian kian menjalar ke Asia. Banyaknya pilihan hiburan di dalam kapal atau di daratan saat singgah, bisa jadi membuat sejenak lupa bahwa sejatinya Anda tengah berada di atas permukaan laut.

Hal Ini sekaligus menyanggah persepsi bahwa berlayar merupakan sesuatu yang membosankan karena lama dan jauhnya jarak tempuh ke satu tujuan. Kami menyuguhkan ragam pilihan destinasi sekaligus opsi kapal pesiar yang tidak hanya menikmati fasilitas kapal!

Jelajah Antartika

7 Wisata Pesiar Musim Panas

Banyak hal bisa Anda lakukan di Antartika. Berkemah di tengah hamparan es, mendaki gunung bersalju, atau mengayuh kayak di perairan yang nyaris beku. Berada di benua terujung planet bumi ini, jangan lupa untuk menyapa spesies seperti penguin, gajah laut, dan anjing laut. Beberapa kapal juga menawarkan pelatihan memotret lansekap dan satwa liar Antartika. Untuk urusan biaya, ekspedisi ini bisa Anda nikmati mulai dari USD 12.550 (sekitar Rp 164 juta).

Ada beragam opsi kapal pesiar yang memiliki perjalanan ke Antartika. Salah satunya, Sail Antarctica (www.sailantarctica.com) yang membawa Anda berlayar di lautan es selama 21 hari. Berangkat dari Ushuaia, Tierra del Fuego, Argentina, ke Selat Beagle (memisahkan Kepulauan Tierra del Fuego dengan ujung selatan Amerika Selatan). Dilanjutkan menuju Selat Drake hingga sampai di Antartika, Tiba di sana, Anda mengunjungi Hannah Point, Deception Island, Enterprise Island, Cuverville Island, Neko Harbor, Port Lockroy, dan Dallmann Bay.

Berlibur ke Antartika sebaiknya memantau kondisi cuaca terkini. Waktu terbaik ialah pada musim panas antara Oktober hingga Maret. Sebagian besar es mencair dan banyak bayi penguin menetas pada Desember-Januari. Menjelang Maret, penguin dewasa berganti bulu dan paus mudah terlihat.

Menelusuri Sejarah Sungai Nil

7 Wisata Pesiar Musim Panas

The Oberoi Group, lini cruise internasional, menghadirkan kapal pesiar khusus rute menuju Sungai Nil. Sungai Nil sendiri membelah sembilan negara yaitu Ethiopia, Zaire, Kenya, Uganda, Tanzania, Rwanda, Burundi, Sudan, dan Mesir. Kairo, Aswan, Gondokoro, Khartoum, Karnak, Thebes, dan Alexandria adalah beberapa nama yang dilewati alirannya.

Oberoi Philae berkapasitas 27 kamar kabin dan kolam renang outdoor. Setiap kamar memiliki akses jendela balkon yang menyajikan pemandangan Sungai Nil.

Kapal berlayar dari Aswan menuju Luxor selama enam hari. Anda diajak menjelajah museum kuno, candi-candi megah, dan ribuan budaya Mesir yang sarat nilai historis. Kesenangan itu terus berlanjut di dalam kapal. Santapan khas Western, Indian, Asia, hingga Timur Tengah disajikan secara istimewa. Sementara itu Oberoi Spa, bioskop, dan kolam renang bersuhu hangat menjadi opsi lain seraya menyusuri keindahan Sungai Nil.

Sepanjang tahun, Oberoi Philae menggelar pelayaran setiap bulannya. Kecuali bulan Juni, saat kapal masuk rutinitas perawatan. Ada dua opsi titik keberangkatan: dari Luxor atau Aswan. Dan dua opsi perjalanan, empat atau lima malam berlayar.

Magnificent Dodecanese

7 Wisata Pesiar Musim Panas

Kapal pesiar lansiran Peter Sommer Travels (www.petersommer.com) dinobatkan sebagai salah satu “Greece’s Top Three Cultural Holidays’ versi The Telegraph, Inggris.

Melintasi Kepulauan Yunani dengan perahu tradisional gullet atau perahu tradisional Turki. Pelayaran selama 1-2 minggu melewati Kepulauan Dodecanese, mulai dari Samos di utara hingga Rhodes di selatan. Kemudian menuju Kyklades, kepulauan di Yunani, untuk mengunjungi Amorgos, Delos, Kimolos, Kythnos, Mykonos, Sifnos, dan Santorini.

Pemukiman rumah-rumah dominasi warna putih yang memenuhi lereng bukit berbatu, serta pantai dan lautan biru yang jernih nan berkilau khas Laut Aegean merupakan magnet kota pesisir Yunani. Bukan hanya Santorini yang populer, Anda patut mengunjungi tempat-tempat lain yang masih jarang dikunjungi turis, seperti: Astypalaia, Nisyros, dan Anafi. Setiap destinasi memiliki kecantikan dan karakternya masing-masing.

Enjoy Bora Bora

7 Wisata Pesiar Musim Panas

Salah satu opsi perjalanan Windstar Cruises yakni berlayar di Kepulauan Tuamotu dan Tahiti. Menjelajah kekayaan eksosistem Fakarava yang populer sebagai lokasi diving terbaik di Pasifik Selatan atau menikmati ketenangan kala matahari terbenam di Bora Bora.

Kapal berkapasitas 148 orang ini memiliki empat deck dan seluruh kamar memandang ke lautan. Ada dua pilihan dining: restoran AmphorA menyajikan sajian ala fine dining dan restoran Veranda menawarkan konsep buffet kasual untuk sarapan serta makan siang.

Pemberhentian pertama di Fakarava yang menyimpan burung-burung langka, tanaman serta krustasea. Anda juga akan dibawa ke Tiputa, Rangiroa, tempat terbaik untuk menyapa ikan warna-warni, hiu, lumba-lumba, atau karang cantik di kedalaman laut.

Lalu, santap barbeque dan minuman ala tropis di Motu Mahaea. Dilanjutkan menyelam ke alam bawah laut di Bora Bora. Di Moorea, Anda punya kesempatan menyapa lumba-lumba di habitat aslinya. Lalu. berenang atau mendayung perahu di hamparan laut.

Halong Bay di Vietnam

7 Wisata Pesiar Musim Panas

Ada 1.600 pulau besar dan beberapa pulau kecil membentuk gumpalan bebatuan kapur putih yang menakjubkan. Halong Bay tidaklah berpenghuni, sebab sebagian pulau terjal dan tandus oleh batuan kapur. Tidak layak dihuni namun patut dinikmati keindahannya. Selain mengelilingi pulau-pulau kapur dan gua-gua indah, Anda juga dapat berenang atau berjemur di pantai di Halong Bay.

Jika Anda mengetik ‘Halong Bay cruise’ di mesin pencarian di internet, ada sekitar 500 kapal kayu beroperasi di Halong Bay. Salah satu opsi terbaik, kapal pesiar mewah Aphrodite (www.aphroditecruises.com). Pilihan perjalanannya yakni dua, tiga, atau empat hari berpesiar.

Kapal tradisional dengan teknologi modern dan dekorasi kabin bergaya Eropa modern jadi visual mewah. Kapal ini hanya berkapasitas 17 kabin kamar (luxury balcony, family suite, dan terrace suite) dengan kelengkapan fasilitas yang memastikan kenyamanan.

Atlantis Submarine

7 Wisata Pesiar Musim Panas

Kapal Atlantis Submarine (www.atlantisadventures.com) berlayar setiap jam sembilan pagi, mengikuti kondisi cuaca. Ada dua opsi kapal: Waikiki Premium Submarine Adventure dan Waikiki Undersea Adventure. Berkapasitas 64 orang, Premium Submarine memiliki kapasitas dan ruang lebih besar dibanding Undersea Adventure.

Di sini, Anda disuguhi petualangan menyelami kedalaman 100 kaki di bawah permukaan laut. Lokasi penyelaman di Waikiki, Hawaii. Meski hanya 90 menit, pengalaman ini merupakan sebuah masterpiece untuk menikmati pagi hari Anda!

Dive Over Rainbow

7 Wisata Pesiar Musim Panas

Dilansir tahun 1998, kapal pesiar mewah MS Paul Gauguin (www.pgcruises.com) secara spesifik berlayar ke perairan Tahiti, Polinisea Perancis, dan Pasifik Selatan. Anda akan dibawa menuju pantai dan kawasan privat nan eksklusif seperti Bora Bora dan Motu Mahana.

Pelesir pesiar dengan Paul Gauguin juga mendapat pengalaman scuba di laut lepas. Selain Moorea dan Bora Bora, opsi lainnya yakni menyelam di Rangiroa dan Fakarava, Aitutaki di Kepulauan Cook, dan Nuku Hiva serta Tahuata di Kepulauan Marquesas. Menyelam kemudian berenang untuk menyapa ikan-ikan penuh warna, hiu, pari elang, atau gurita.

(Artikel selengkapnya diterbitkan dalam majalah ELLE Indonesia edisi Mei 2018)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *